Jumat, 09 Juli 2010 By: Gusti Yoga

Mengoptimalkan Windows Vista (Part 3)


windows-vista-logoBeberapa waktu yang lalu, saya telah membahas tentang cara mempercepat proses booting dan meningkatkan kinerja komputer setelah logon. Kali ini saya berkesempatan untuk menjelaskan bagaimana cara mempercepat proses shutdown. Bagi yang belum membaca artikel saya sebelumnya tentang cara meningkatkan kinerja komputer, silakan klik di sini.


Mungkin bagi sebagian orang, mempercepat proses shutdown adalah hal yang sangat tidak penting. Untuk apa mempercepat proses shutdown ? Tinggal shutdown lalu ditinggal pergi. Tak perlu menunggu sampai komputernya mati. Mungkin ada yang berpikiran demikian. Tetapi pernahkah Anda diminta Windows untuk restart setelah meng-install aplikasi atau permainan agar Anda dapat segera menggunakannya ? Seberapa besar ketabahan Anda diuji hanya untuk menunggu lamanya proses shutdown dan proses booting ? Bila Anda merasa tidak sabar akan lamanya proses-proses tersebut, silakan baca lebih lanjut artikel ini.

Perlu kita ketahui bahwa semakin banyak kita meng-install berbagai macam aplikasi pada komputer maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses booting atau shutdown karena mungkin ada beberapa diantaranya mempunyai service yang terintegrasi dalam sistem Windows. Ditambah lagi, terkadang service-service tersebut tidak merespon saat proses shutdown dijalankan sehingga proses shutdown bertambah lama. Solusinya adalah mempersingkat waktu toleransi Windows dalam menunggu penutupan aplikasi. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka Registry Editor dengan cara ketik kata “regedit” (tanpa tanda kutip) pada start search kemudian enter
  2. Buka key berikut ini :
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control
  3. Lihat kolom sebelah kanan, klik ganda string yang bernama WaitToKillServiceTimeout
  4. Isikan angka 1000 sebagai value data-nya
  5. Restart komputer dan rasakan perbedaanya
Seperti yang kita ketahui bahwa secara default Windows Vista rajin membersihkan page file ketika proses shutdown berlangsung. Tentunya ini akan memakan waktu bukan ? Sebaiknya kita matikan saja fungsi ini agar proses shutdown dapat berlangsung dengan cepat. Tetapi hal ini juga dapat berakibat tidak amannya berbagai macam informasi rahasia yang tersimpan dalam komputer. Jika Anda tidak terlalu mempermasalahkan hal ini, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Buka Registry Editor dengan cara ketik kata “regedit” (tanpa tanda kutip) pada start search kemudian enter
  2. Buka key berikut ini :

    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Management\Memory Management
  3. Lihat kolom sebelah kanan, klik ganda DWORD yang bernama ClearPageFileAtShutdow. Bila tidak ada, Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara klik kanan pada kolom sebelah kanan kemudian New->DWORD (32-bit) Value
  4. Isikan value data-nya dengan angka 0 (nol)
Bila sewaktu-waktu Anda ingin menghidupkan fungsi ini kembali, isikan value data-nya dengan angka 1 atau hapus DWORD tersebut.
Berakhirlah sudah semua cara mengoptimalkan Windows Vista. Apabila semua petunjuk yang saya berikan diikuti dengan benar. Segala performa komputer Anda akan meningkat dalam setiap aspek.

0 komentar:

Posting Komentar