Jumat, 18 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Ditemukan Jutaan Ton Es Di Bulan

Sejumlah kantong air es dalam jutaan ton telah ditemukan di kutub utara Bulan. Ini membuka wilayah lain di permukaan Bulan untuk dieksplorasi.

NASA mengumumkan itu pada Senin (1/3). Sebuah instrumen radar NASA menemukan bukti sedikitnya 600 juta metrik ton air es terhampar di dasar kawah di kutub utara Bulan.

Itu merupakan salah satu pasokan air es di Bulan. "Artinya, sumber daya vital tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan oksigen atau bahan bakar roket untuk mendukung basis penelitian Bulan di masa depan," kata para pejabat NASA.

Setidaknya, terdapat 40 kawah dengan lebar antara 1 mil (2 km) hingga 9 mil (15 km) menyimpan air es. Ini terdeteksi dengan menggunakan radar Mini-SAR di satelit Chandrayaan-1 milik India yang khusus meneliti Bulan.

"Setelah menganalisa data, tim kami memutuskan ada indikasi kuat air es. Sebuah temuan yang akan memberikan misi masa depan dengan target baru untuk lebih mengeksplorasi dan mengeksploitasi Bulan," kata Jason Crusan, program eksekutif program Mini-RF Program untuk operasi antariksa NASA di Washington, dalam sebuah pernyataan.

0 komentar:

Posting Komentar