Kamis, 17 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Samudra Baru Akan Muncul

”Jumlah lautan di bumi bakal bertambah. Ini prediksi sejumlah ilmuwan dari Amerika Serikat, seperti dikupas dalam  jurnal Geophysical Research Letters. Tim peneliti internasional memperkirakan samudera baru itu muncul di wilayah Ethiopia.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa akibat gempa pada 2005 terbentuk retakan di wilayah padang pasir Ethiopia. Retakan tersebut sepanjang 56 kilometer dengan lebar hingga 6 meter. Laporan tersebut juga menyampaikan bahwa kemunculan celah raksasa itu begitu cepat, hanya dalam beberapa hari.

”Kami tahu dasar laut dibentuk campuran magma yang masuk ke celah retakan. Tapi kami belum pernah melihat jarak sebesar itu,” papar Cindy Ebinger, profesor ilmu bumi dan lingkungan dari University of Rochester.

Pengamatan ahli, proses bermula ketika gunung berapi Debbanu di ujung utara retakan meletus. Ebinger memaparkan, aktivitas gunung yang tinggi di sepanjang lempengan laut tektonik dapat menimbulkan retakan pada permukaan bumi.

Kemudian magma mengalir mengisi retakan itu. Proses ini identik dengan proses terjadinya samudera. Keyakinan ini menguat karena aktivitas retakan serupa juga menjadi bagian dari proses terbentuknya Laut Merah.

0 komentar:

Posting Komentar