Jumat, 18 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Mahasiswa Jepang Gunakan iphone Untuk Absen

SAGAMIHARA. Teknologi iPhone dimanfaatkan oleh sebuah institusi pendidikan di Jepang. Universitas Aoyama Gakuin Jepang akan mendistribusikan 550 unit handphone 3G untuk digunakan oleh staff dosen dan mahasiswa Juni mendatang. Nantinya, smartphone Apple tersebut akan digunakan sebagai sistem absensi.

Tujuan proyek ini untuk menciptakan sebuah jaringan informasi mobile antara mahasiswa dengan dosen sesuai perkembangan jaman. Pada umumnya mahasiswa membubuhkan kehadirannya melalui lembar absen namun kini mahasiswa sudah dapat menggunakan nomer ID terdaftar.

Agar tidak membebani siswa, sekolah menanggung semua biaya dasar yang dibutuhkan, sehingga para siswa hanya menggunakannya saja tanpa perlu membayar biaya bulanan.

Dengan memanfaatkan sistem GPS yang terbenam pada iPhone 3G, para dosen dapat memantau kehadiran mahasiswa dan mencegah mahasiswa yang absen dari rumah atau luar kelas.

"Kami tidak ingin menggunakan aplikasi ini hanya sebagai absensi semata. Harapan kami adalah untuk membangun ruang kelas dimana mahasiswa dan dosen dapat saling membahas berbagai materi perkuliahan," kata profesor Yasuhiro Iijima kepada Reuters, Kamis (29/05) sambil mendemontrasikan aplikasi itu.

Pihak Universitas mengatakan proyek ini tidak dimaksudkan untuk melanggar privasi siswa ataupun untuk membuat mereka risih.

Dengan keberadaan handphone Jepang lokasi data dapat terkirim secara otomatis. Bagaimanapun juga, dengan iphone tersebut, kamu harus selalu melakukan konfirmasi sebelum GPS dapat mengirimkan data," tambah Iijima.

Saat dilakukan pengujian sistem dihadapan para mahasiswa, mereka menyambutnya dengan gembira.

"Sampai saat ini, kami masih mengunakan absensi tertulis. Namun dengan ponsel ini, kami tak perlu banyak waktu untuk melakukan absensi. Saya rasa ini satu kemajuan yang sangat bagus," kata siswa 20, Yuki Maruya.

Aplikasi ini mulai diberlakukan bulan depan, pihak universitas juga berharap proyek ini dapat menyediakan video rekaman perkuliahan untuk membantu mahasiswa yang tidak mengikut kelas tertentu dan mengingatkan tentang jadwal mata kuliah yang mereka ikuti, namun masih dalam tahap perencanaan.

Langkah ini bukan yang pertama kalinya dilakukan oleh instisusi pendidikan. Sebelumnya, Universitas Missouri Jurusan Jurnalistik AS juga pernah membagi-bagikan iPhone 3G untuk mahasiswa mereka. Begitu juga Universitas Kristen Abilene yang memberikan iPhone kepada mahasiswa baru mereka.

0 komentar:

Posting Komentar