Sabtu, 19 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Gara-Gara Tikus & Kucing, Satu Negara Gelap-Gulita!



KONON, Albania adalah negara dengan tingkat pemadaman lisitri paling sering. Kabarnya karena peralatan dan jaringan listri yang ada tidak pernah diganti sejak era komunis, puluhan tahun silam.

Tapi ternyata ada sebab lain yang membuat Albania "mati-listik" hampir 72 jam. Perusahaan listrik utama di Albania, Kesh mengatakan, seekor kucing yang mengejar tikus menyebabkan listrik padam di beberapa bagian ibukota, Tirana selama 72 jam.

Binatang tadi menabrak kabel tegangan tinggi dan tersengat aliran listrik, kata jurubicara Kesh kepada kantor berita Reuters. Pemadaman listrik sering terjadi di Albania bertahun-tahun ini.

Pihak berwenang biasanya mempersalahkan kekeringan dan kondisi jaringan listrik peninggalan Komunis yang sudah uzur dan kewalahan untuk mengimbangi kenaikan permintaan akan listrik setelah warga Albania semakin mampu menjangkau perkakas modern.

Gara-gara tikus dan kucing yang kejar-kejaran tadi, Albanis terpaksa gelap-gelapan deh. Di Indonesia juga 'kucing & tikus' loh, tapi yang pakai dasi.

0 komentar:

Posting Komentar