Kamis, 17 Juni 2010 By: Gusti Yoga

T-Rex Ada Di Belahan Bumi Selatan

Para ilmuwan menemukan bukti pertama keberadaan tyrannosaur dinosaurus -- saudara dekat jenis T. Rex yang terkenal -- di belahan bumi selatan.

Sebelumnya tyrannosaur diketahui hanya bisa diketemukan di belahan bumi utara, tulis tim ilmuwan di jurnal ilmu pengetahuan Science.

Sebuah tulang paha yang ditemukan di Australia diidentifikasi sebagai saudara dekat T. Rex.

Tulang itu diperkirakan miliki binatang sepanjang 3 meter dan berat sekitar 80 kg.

Ini jelas lebih kecil dari T. Rex, yang panjangnya bisa mencapai 12 meter dan berat sekitar 4 ton. Namun ukuran yang meraksasa ini diperkirakan merupakan evolusi tahap akhir dalam garis keturunan tyrannosaur.

Diberi kode NMV P186069, tulang tersebut ditemukan di Dinosaur Cove, Victoria, Australia. Fosil berusia 110 juta tahun itu membuktikan bahwa tyrannosaurus hidup di belahan bumi selatan.

Dr Roger Benson, dari departemen Ilmu Bumi, Universitas Cambridge mengatakan: "Walau kami cuma punya satu tulang, tetapi membuktikan bahwa 110 juta tahun yang lalu tyrannosaurus kecil seperti yang kami ketemukan kemungkinan menyebar di seluruh dunia.''

''Ini sangat penting untuk pengetahuan kami mengenai bagaimana jenis dinosaurus yang ini berevolusi.''

Dr Paul Barrett, dari Natural History Museum, London yang ikut menulis laporan tersebut mengatakan: ''Penemuan ini membuktikan bahwa tyrannosaurus sudah berada di belahan selatan di tahap awal evolusi mereka. Ini memberi isyarat akan kemungkinan ditemukannya jenis dinosaurus ini di Afrika, Amerika Selatan dan India.

0 komentar:

Posting Komentar