Jumat, 18 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Selandia Baru Negara Terbersih, Tidak Ada Korupsi!


Selandia Baru dinobatkan sebagai negara yang paling tidak korup di antara 180 negara-negara lainnya di dunia. Dengan ini, Selandia Baru menggeser kedudukan Denmark setelah satu tahun masa resesi global dan konflik yang berkepanjangan.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (18/11), peringkat tersebut adalah berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan Transparency International. Keseluruhan 180 negara disurvei dengan skala nol sampai 10, dengan nol berarti sangat korup sedangkan 10 paling tidak korup.

Selandia Baru berada di puncak dengan skor 9,4 setelah tahun lalu berada di posisi kedua. Sedangkan posisi kedua terpaksa diisi Denmark dengan skor 9,3, diikuti Singapura dan Swedia dengan skor sama-sama 9,2 dan Swiss dengan skor 9,0.

Sedangkan negara-negara pengisi urutan bawah adalah mereka yang keadaan negaranya tidak stabil. Biasanya dikarenakan perang dan konflik berkepanjangan yang telah mempengaruhi sektor publik dan menghancurkan infrastruktur pemerintahan. Di antaranya, Somalia yang berada paling bawah dengan skor 1,1. Kemudian diikuti Afghanistan dengan skor 1,3, Myanmar dengan skor 1,4, serta Sudan dan Irak dengan skor sama-sama 1,5.

Negara-negara lain yang berada di urutan sepuluh besar paling tidak korup adalah Finlandia, Belanda, Australia, Kanada dan Islandia. Sementara Britania Raya berada di posisi ke-17 dan Amerika Serikat di posisi ke-19 dengan skor 7,5. Lebih dari 130 negara lain hanya mampu mencetak skor di bawah lima. Indonesia sendiri berada di peringkat 111 dengan skor 2,8.

0 komentar:

Posting Komentar