Kamis, 17 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Cara Paling Mudah Menuju Hidup Sehat

Hidup sehat bagi banyak orang mungkin membutuhkan biaya yang mahal mulai dari harus mengkonsumsi makanan organik hingga harus berolahraga di gym. Kedua hal tersebut memang cukup menyita waktu, tenaga, dan keuangan. Namun, ternyata untuk memulai hidup sehat itu ada beberapa cara yang sangat mudah, cepat, dan murah yang bisa ditempuh untuk hidup sehat. Berikut lima langkah ampuh untuk menuju hidup sehat.

1. Banyak Bergerak
Cari segala cara untuk menggerakan tubuhmu. Coba saja menaiki tangga berulang kali. Atau bisa juga mengantarkan anjingmu berjalan-jalan santai, melempar-lempar bola atau kegiatan apapun yang bisa menggerakkan anggota badan. Ini adalah salah satu cara untuk menghilangkan stress. Cobalah untuk bergerak meski hanya sebentar. Melakukan pergerakan tidak harus menghabiskan waktu hingga 45 menit di dalam kelas aerobik atau tai chi di dalam gym. Namun, memang akan lebih baik bila kamu melakukan latihan seperti itu karena akan memberikan pembakaran yang lebih banyak bagi tubuh. Tetapi, yang paling penting adalah tanamkan dalam pikiranmu untuk selalu bergerak di saat senggang. Ayo mulailah rajin menggerakkan tubuh!

2. Mengurangi Lemak
Hindari makanan yang digoreng, burger, dan daging-daging lain yang mengandung lemak. Jika kamu suka mengkonsumsi keju, krim, dan susu, usahakanlah untuk mengkonsumsinya dalam takaran yang rendah lemak. Kacang-kacangan, sandwich, mayonais, mentega, sambal juga harus diperhatikan kadar konsumsinya, jangan terlalu berlebihan.

3. Berhentilah merokok sekarang juga!
Sejak tahun 1960, Surgeon General mengatakan bahwa merokok bisa membahayakan kesehatan. Meski terkadang kesan merokok digambarkan sebagai sebuah tindakan yang keren dan gagah namun itu semua tidak seberapa dengan dampak yang ditimbulkannya. Rokok mampu menimbulkan paru-paru basah, sakit jantung, gangguan kehamilan, hingga impotensi pada laki-laki. Oleh karena itu, cobalah berhenti merokok sekarang juga. Cobalah mengurangi konsumsi rokok sedikit demi sedikit tiap harinya.

4. Kurangi Stress
Memang sangat mudah untuk mengatakan hal ini, namun sulit untuk dihindari. Tenang saja karena cara mengurangi stress bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Beberapa ahli mengatakan bahwa kunci dalam mengurangi stress adalah dengan terus berpikiran positif. Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan meluangkan waktu 30 menit sehari untuk melakukan kegiatan yang disukai seperti mandi di air panas, bersantai di pantai, membaca buku, mengunjungi teman, bermain dengan anjing, mendengarkan musik, atau sekedar menonton film yang lucu. Atau bisa juga melakukan perawaran diri seperti massage, facial, dan potong rambut. Cara yang bisa kamu lakukan lagi adalah dengan melakukan meditasi.  Coba hitung hingga hitungan ke sepeluh lalu lepaskan semua amarahmu. Hindari orang-orang yang hanya memberikan pandangan negatif kepadamu karena akan sangat berpengaruh pada cara berpikirmu.

5. Hindari Polusi
Jika kamu tidak bisa mendapatkan lingkungan yang bebas asap, setidaknya hindarilah ruangan yang penuh asap rokok dan area yang sangat padat. Lakukan pergerakkan di dalam ruangan dengan menggunakan air conditioning saat kualitas udara sedang baik. Untuk mendapatkan kualitas udara yang baik di lingkungan sekitarmu, tanamlah pepohonan di taman. Dengan begitu, mulut, hidung, dan paru-parumu akan mendapatkan udara segar tiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar