Kamis, 17 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Langkah Akali Keluhan "I HATE MONDAY"

Pernah merasa gak semangat ketika harus berangkat ke sekolah di hari Senin? Bagi kebanyakan orang, awal minggu merupakan momen yang paling menyebalkan. Bagaimana tidak, setelah asyik bersantai dan melakukan aktivitas menyenangkan di akhir pekan, tiba-tiba kita mesti berhadapan lagi dengan setumpuk pelajaran, pr, tugas plus berbagai masalah sekolah. Maka tak heran jika kalimat ''I hate Monday'' menjadi begitu akrab di telinga.

Akan tetapi, jangan sampai sindrom Monday blues itu mengganggu nilai-nilai di sekolah dan merusak hari kamu. Berikut ini adalah sejumlah langkah untuk menangkalnya:



1. Mengabaikan perasaan murung
Meskipun seolah-olah ada awan hitam yang mengganyut di atas kepala, abaikan saja perasaan murung yang menghinggapimu. Tidak usah terlalu ambil pusing terhadap suasana hati yang tidak baik. Kamu harus menunda dan memikirkan perasaan itu nanti, bukan sekarang!

2. Bangun lebih pagi
Banyak hal buruk terjadi ketika kamu bangun kesiangan. Misalnya, level ketegangan meningkat, tidak sempat sarapan karena terburu-buru berangkat, yang paling mengerikan jika harus berbaris di depan lapangan upacara. Akan lebih mudah menaklukan awal pekan yang berat jika kamu memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri.

3. Memanjakan diri
Jika bangun cukup pagi, kamu memiliki banyak waktu untuk memanjakan diri dengan duduk santai sambil menikmati sarapan lezat. Atau mungkin FB-an sejenak (heheh...)

4. Mengantisipasi kesibukan di Senin pagi
Kebanyakan orang merasa tidak sabar menanti akhir pekan sehingga langsung melesat kabur begitu jam pelajaran di hari Sabtu berakhir. Padahal, lebih baik mengorbankan sedikit waktu untuk mengerjakan lebih banyak tugas pada hari itu. Dengan demikian, tugas - tugas kamu di hari Senin akan jauh lebih ringan.

5. Mendengarkan musik
Bagi yang pernah menonton serial ''Ally McBeal'', pasti ingat dengan lagu yang selalu didengarkannya ketika merasa sedih dan terpuruk. Lagu berjudul ''Tell Him'' yang dinyanyikan Vonda Shepard (versi asli milik The Exciters) itu selalu berhasil membangkitkan semangatnya. Kamu juga bisa meniru Ally dengan memilih satu atau beberapa lagu untuk membantu menghadapi hari yang buruk. Pilih lagu yang memiliki beat enerjik untuk membuat suasana menjadi lebih ceria.


6. Menyantap cokelat
Camilan apa lagi yang paling enak disantap saat suasana hati sedang buruk selain cokelat? Cokelat memberi sinyal kepada otak untuk melepaskan hormon endorphin yang memiliki efek menenangkan, untuk memperbaiki suasana hati sekaligus meredakan stres.

      Semoga aja tips di atas bisa mengurangi kebencianmu dengan hari Senin.

0 komentar:

Posting Komentar