Jumat, 18 Juni 2010 By: Gusti Yoga

10 Tips Rileks Jalan Saat Cuaca Panas

Rutinitas berjalan kaki bisa terganggu oleh sengatan matahari yang serasa membakar kulit. Jangan biarkan hal tersebut terjadi, persiapkan amunisi kita. Ayo berperang melawan panas!

Berikut beberapa strategi yang bisa kita lancarkan untuk melawan panasnya matahari di musim panas :


  1. Pilih menjadi ayam atau burung hantu. Rencanakan program berjalan kaki di pagi atau sore hari. Trik ini mampu menghindari kita dari sengatan sinar matahari di zona terpanas disepanjang hari, yaitu antara pukul10.00 – 14.00.
  2. Cari tempat teduh. Paparan matahari secara langsung akan membuat suhu tubuh naik hingga 15 derajat Celsius lebih panas. Coba periksa daerah sekeliling kompleks rumah, apakah ada taman terdekat yang memiliki banyak pohon dan rindang.
  3. Jangan jemur kulit kita. Keringat bisa menguap lebih mudah pada kulit tangan dan kaki yang “telanjang”. Oleh sebab itu, gunakanlah sunscreen yang banyak, bahkan untuk kulit yang tertutupi baju sekalipun.
  4. Gunakan air untuk membasahi baju kita. Trik ini mampu memberikan efek pendinganan secara instan.
  5. Bekukan air hingga mencapai setengah botol, lalu penuhilah setengahnya lagi ketika ingin pergi berjalan kaki. Teguk air secara rutin saat berjalan, sekitar setiap 15 menit. Untuk mengantisipasi terjadinya dehidrasi, timbang badan kita sebelum dan sesudah latihan. Jika bobot tubuh mengalami penurunan ½ - 1 kilogram, segeralah minum. Karena itu merupakan tanda bahwa kita kehilangan cairan yang bertugas mendinginkan tubuh kita.
  6. Coba minum lain. Jika bosan dengan air putih, kenapa tidak mencoba sport drink. Selain memiliki rasa yang lebih enak, minuman ini memiliki kandungan kalori 50% lebih sedikit dibanding jus buah. Sport drink juga bisa diserap ke dalam peredaran darah secara lebih cepat, jadi kita bisa berjalan lebih jauh dan terhindar dari keletihan yang biasa terjadi usai latihan. Tidak suka sport drink? Kita bisa menambahkan jus buah kegemaran dengan air, dan membawanya sebagai “bensin” kita di sepanjang sesi latihan.
  7. Tutupi kepala kita dengan menggunakan topi yang berongga dan mampu melindungi keseluruhan kepala kita, bukan hanya wajah.
  8. Ganti sepatu. Ketika musim panas datang, kita memerlukan sepatu olahraga yang ringan, berfentilasi dan sepasang kaos kaki yang mampu menyerap keringat dengan baik. Atau kita bisa juga memilih menggunakan sandal berjalan.
  9. Cegah terjadinya gesekan. Lebih waspada pada bagian tubuh yang memungkinkan terjadinya gesekan antar kulit, seperti pada jari kaki, paha, dan di bawah lenggan. Sebelum berjalan, biasakan untuk mengaplikasikan sedikit petroleum jelly pada bagian tubuh yang sensitip tersebut.
  10. Dengarkan apa kata tubuh kita. Secara alamiah, tubuh kita akan memberitahu kapan kita bisa terus mendorong kemampuan dan kapan harus berhenti. Jika kita sudah mulai merasa pusing dan lemah, segeralah hentikan latihan. Carilah tempat yang teduh, lalu minumlah minuman yang banyak, dan istirahat.
Jangan kalah dengan cuaca panas. Ayo berjalan kaki melawan matahari!

0 komentar:

Posting Komentar