Minggu, 26 September 2010 By: Gusti Yoga

Perbedaan FAT dan NTFS


Waktu kita nginstall OS, disitu pasti terdapat format hardisk dengan FAT ataupun NTFS (terutama waktu nginstall Windows® XP atau Windows® 2000). Apakah perbedaan antara FAT dan NTFS??? Disini saya coba untuk menjelaskan apakah perbedaan tersebut dalam OS Windows®. Tapi biasanya para pengguna Windows® XP menggunakan NTFS karena lebih bagus dan menawarkan security yang bagus daripada FAT. Sebelumnya Windows® XP mempunyai 3 file system, yaitu:
1. FAT 16 = File Allocation Table 16
2. FAT 32 = File Allocation Table 32
3. NTFS = NT File System

#FAT16
FAT16 dikenalkan oleh MS-DOS tahun 1981. Awalnya, System ini didesain untuk mengatur file di floopy drive dan mengalami beberapa kali perubahan sehingga digunakan untuk mengatur file di hardisk. Keuntungan FAT16 adalah file system ini kompatibel hampir di semua Operating System baik itu WIndows 95/98/me, OS/2 , Linux dan bahkan Unix. Namun dibalik itu masalah paling besar dari FAT16 adalah mempunyai kapasitas tetap jumlah cluster dalam partisi, jadi semakin besar hardisk maka ukuran cluster akan semakin besar, artinya file sekecil apapun tetap akan memakan 32Kb dari hardisk. Hal negatif lain adalah FAT16 tidak mendukung kompresi, enkripsi dan kontrol akses dalam partisi.

#FAT32
FAT32 mulai di kenal pada system Windows 95 SP2, dan merupakan pengembangan lebih dari FAT16. FAT32 menawarkan kemampuan menampung jumlah cluster yang lebih besar dalam partisi. Selain itu juga mengembangkan kemampuan hardisk menjadi lebih baik dibanding FAT16. Namun FAT32 memiliki kelemahan yang tidak dimiliki FAT16 yaitu terbatasnya Operating System yang bisa mengenal FAT32. Tidak seperti FAT16 yang bisa dikenal oleh hampir semua Operating System, namun itu bukan masalah apabila anda menjalankan FAT32 di Windows® XP, karena Windows® XP tidak peduli file system apa yang digunakan pada partisi.

#NTFS
NTFS di kenalkan pertama pada Windows NT dan merupakan file system yang benar-benar berbeda dibanding teknologi FAT. NTFS menawarkan security yang jauh lebih baik, kompresi file, cluster dan bahkan support enkripsi data. NTFS merupakan file system standar untuk Windows® XP dan apabila anda melakukan upgrade Windows® biasa anda akan ditanyakan apakah ingin mengupgrade ke NTFS atau tetap menggunakan FAT. Namun jika anda sudah melakukan upgrade pada Windows® XP dan tidak melakukan perubahan NTFS itu bukan masalah karena anda bisa mengkonversinya ke NTFS kapanpun. Namun ingat bahwa apabila anda sudah menggunakan NTFS akan muncul masalah jika ingin downgrade ke FAT tanpa kehilangan data.
Pada Umumnya NTFS tidak kompatibel dengan Operating System lain yang terinstall di komputer yang sama (Double OS) bahkan juga tidak terdetect apabila anda melakukan StartUp Boot menggunakan floopy. Untuk itu sangat disarankan kepada anda untuk menyediakan partisi yang kecil saja yang menggunakan file system FAT di awal partisi. Partisi ini dapat anda gunakan untuk menyimpan Recovery Tool apabila mendapat masalah. Namun dengan teknologi Windows® XP sekarang yang mempunyai Recovery Tool sendiri, Saya rasa itu tidak begitu penting karena kemampuan Recovery Tool dari Windows® XP sudah cukup baik.

#NTFS vs FAT
Jika anda menjalankan lebih dari 1 Operating System di PC anda, maka anda mungkin perlu menyediakan partisi untuk FAT. Anda bisa memasukkan file/program ke partisi tersebut karena FAT bisa diakses oleh Operating System apapun di hardisk anda. Tapi perlu di ingat, FAT tidak mempunyai security dalam data dan semua Operating System yang terinstall memiliki akses 100% kepada partisi yang menggunakan FAT (read,write,delete,execute.) Dalam kasus lain bahkan bisa dilakukan antar jaringan apabila terkoneksi jadi jangan menyimpan file penting.

0 komentar:

Posting Komentar