Jumat, 09 Juli 2010 By: Gusti Yoga

Mengoptimalkan Windows Vista (Part 1)

windows-vista-logoSudahkah Anda menggunakan Windows Vista ? Saya yakin sebagian besar orang yang membaca postingan ini masih belum menggunakan Windows Vista. Banyak yang enggan menggunakan Windows Vista. Sebenarnya ini hanyalah masalah sosialisasi saja. Pepatah bijak mengatakan, “tak kenal maka tak sayang“. Banyak juga yang bilang kalau Windows Vista itu lambat. Sebenarnya itu salah, penggunanya saja yang tidak bisa mengoptimalkannya dengan baik. Di sini saya akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan Windows Vista.


Kita mulai dari start-up, seringkali lambatnya kecepatan start-up menjadi masalah bagi setiap pengguna komputer. Semakin banyak aplikasi yang ter-install pada komputer maka akan semakin memperlambat sistem booting, karena beberapa dari aplikasi tersebut menempatkan dirinya pada start-up entry yang otomatis akan terbuka saat komputer start-up. Untuk itu kita harus mengetahui segala proses yang berjalan saat start-up. Banyak software yang bisa digunakan untuk mendeteksinya seperti TuneUp StartUp Manager, Autoruns, dll. Bahkan program bawaan Windows, msconfig bisa digunakan. Tetapi disarankan menggunakan TuneUp StartUp Manager karena informasi yang disajikan cukup lengkap. Berikut screenshot-nya.
Untuk men-disable program dari sistem start-up, cukup mengklik status pada entry yang bersangkutan. Untuk membuang entry dari sistem start-up, cukup klik kanan entry, lalu Delete.

Cara berikutnya untuk mempercepat proses start-up adalah mengatur Windows agar proses defragmentation boot file dapat dilakukan secara otomatis. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Buka Registry Editor dengan cara ketik regedit pada start search kemudian enter
  • Cari key berikut :


    HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction
  • Pilih BootOptimizeFunction
  • Klik ganda string Enable dan pastikan value data terisi dengan huruf Ybootoptimizefunction-enable-string
  • Klik OK dan selesai
Pernahkah Anda mendapati Windows Vista blank selama beberapa detik ? Jika pernah, maka Anda harus mematikan fitur pemercepat konektivitas external display pada Windows Vista yang disebut dengan Transient Multimonitor Manager (TMM). Berguna bagi para pengguna mobile PC yang menggunakan layar eksternal. Kalau Anda tidak menggunakan mobile PC, sebaiknya matikan saja fitur ini. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Buka Task Scheduler dengan cara ketik task pada start search kemudian enter
  • Seperti halnya Registry Editor, cari :


    Task Scheduler Library\Microsoft\Windows\Mobile PC
  • Pilih Mobile PC
  • Lihat kolom sebelah kanan, cari dan klik kanan TMM
  • Pilih Disable untuk menonaktifkannya
Apabila semua petunjuk yang saya berikan diikuti dengan benar. Komputer Anda akan menjadi lebih cepat ketika booting. Untuk mempercepat kinerja Windows Vista setelah log on, bersambung ke Part 2 karena nanti akan terlalu panjang bila dibahas di sini.

0 komentar:

Posting Komentar