Jumat, 09 Juli 2010 By: Gusti Yoga

Hentikan Proses Ketika Program Tidak Merespon


Mungkin kita pernah mendapati program yang tidak memberikan respon apapun atau biasa dinyatakan dengan kata not responding. Hal ini disebabkan oleh salah satu program yang banyak memakan resource, ditambah lagi kita melakukan hal yang lain sehingga akan semakin memberatkan kinerja komputer. Kalau sudah begitu, biasanya kita akan menekan Ctrl-Alt-Del pada Windows XP atau Ctrl-Shift-Esc pada Windows Vista untuk menghentikan segala proses yang terhambat melalui Task Manager. Tetapi biasanya cara tersebut sering tidak berhasil untuk menghentikan proses tersebut. Sekalipun berhasil akan memakan waktu yang sangat lama. Saya menemukan cara untuk dapat langsung menghentikan proses tersebut tanpa menunggu lama.



Kita menggunakan aplikasi bernama Process Manager. Link download akan disertakan di bawah. Dengan aplikasi ini, kita bisa langsung menghentikan segala proses yang terhambat hanya dengan klik kanan aplikasi yang tidak merespon pada taskbar.
process-manager-right-click
Menu Kill digunakan untuk menutup suatu aplikasi secara langsung pada saat itu juga sedangkan menu Close digunakan untuk menutup suatu aplikasi setelah mendapatkan respon dari aplikasi tersebut. Kita juga bisa mengatur prioritas suatu proses dibandingkan proses lainnya sehingga dapat meningkatkan kinerja komputer. Walaupun semua hal ini dapat juga dilakukan dengan Task Manager tetapi lebih menghemat waktu bila kita menggunakan Process Manager.
Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengubah tampilan suatu jendela menjadi transparan. Hal ini cukup bermanfaat karena kita tidak perlu berpindah jendela untuk melihat jendela lain, cukup dengan mengaktifkan transparansi kita sudah bisa melihat jendela lain yang ada dibaliknya sehingga kerja menjadi lebih efektif. (untuk windows 7 sudah ada aero peek)
Contohnya dapat dilihat di bawah ini.













Berikut link download-nya. Tersedia 2 versi yaitu versi installer biasa dan versi direct run (tanpa instalasi).
[Installer] [Direct Run]

0 komentar:

Posting Komentar