Sabtu, 19 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Tips dan Trik Sukses Interview Pekerjaan

Dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan saat interview, gunakan bahasa yang baik dengan intonasi yang jelas.

Bila diminta menceritakan tentang diri anda, jangan terlalu banyak membanggakan diri sendiri, sebisa mungkin mengemas kelemahan dan kelebihan anda dengan bingkai kalimat yang sopan.

Misalnya, “saya seorang yang optimis, pekerja keras dan memiliki inisiatif tinggi. Saya mampu bekerja dalam tim atau pun independent. Terkadang saya memang pelupa, karena itu menyiasatinya saya selalu menyiapkan notepad kecil untuk mencatat hal-hal penting agar tidak lupa”.

Interviewer terkadang menanyakan beberapa pertanyaan seperti gaji yang diharapkan, alasan berhenti dari pekerjaan sebelumnya, pengalaman kerja, referensi, pertanyaan seputar kemampuan diri (skill) dan sebagainya.

Jujurlah ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Jangan sampai anda terjebak pada jawaban karangan anda sendiri. Interviewer pastinya dapat membedakan keseriusan anda dalam menjawab, mana yang sebenarnya dan mana yang hanya bohong belaka.

Bila anda mengada-ada hanya akan mengurangi poin positif di mata interviewer. Selalu memulai sesuatu dengan nafas yang teratur dan senyum. Perhatikan juga gesture tubuh dan kontak mata.

Selamat mencoba...

0 komentar:

Posting Komentar