Kamis, 17 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Mobil Bertenaga Coklat

Para produsen mobil sedang berlmba-lomba untuk menciptakan mobil yang bertenaga ramah lingkungan, sebagai contoh dari tenaga surya. Tapi kali ini sangat beda dan sedikit aneh atau bahkan tidak masuk akal.

Coklat yang kita kenal sebagai makanan manis disukai oleh hampir semua orang ternyata punya khasiat lain. Bukan untuk kesehatan atau kecantikan, tapi untuk transportasi.

Di London, Inggris untuk pertama kalinya membuat mobil bertenaga coklat. Para ilmuwan menggunakan coklat sebagai bahan bakar. Tapi sudah tentu bukan coklat yang biasa kita makan yang digunakan sebagai bahan dasar. Limbah coklat dari pabrik yang selama ini dibuang dicampur dengan minyak nabati sebagai biofuel.

Tidak hanya ramah lingkungan, mobil bertenaga coklat ini jga dibuat dari serat tumbuh-tumbuhan yang tidak beracun. Ban-nya terbuat dari serat wortel dan akar-akarnya, tempat duduk (jok) dari campuran rami dan busa minyak kedelai, body mobil pun dari serat tumbuh-tumbuhan.

Mobil bertenaga coklat ini diberi nama "WorldFirst Formula 3 racing". Yang mengejutkan ternyata mobil ini akan digunakan dalam balapan European Grand Prix dan Britain's Goodwood Festival of Speed. Saat diuji kecepatan lajunya sajasudah mencapai 96 kilometer/jam, namun saat diuji coba di jalur balapan, diharapkan bisa menembus kecepatan 232 kilometer perjam. Menakjubkan!

0 komentar:

Posting Komentar