Kamis, 17 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Cara Sederhana Dinginkan Bumi

Simak data-data memprihatinkan berikut ini! Sepersepuluh penduduk bumi atau 634 juta orang yang tinggal di dekat laut akan tenggelam ketika es di kutub bumi meleleh, kenaikan permukaan laut akan mencapai 8 – 29 cm pada tahun 2030, 2000 pulau kecil di Indonesia akan tenggelam, manusia akan kekurangan air tawar pada tahun 2050, laju kerusakan hutan di Indonesia sudah mencapai 2,72 juta hektar setahun, terdapat 289.000 titik api yang terdeteksi di Indonesia sejak tahun 2000.

Hitung-hitungan tersebut tidak asal, melainkan hasIl penelitian dari berbagai ahli dan ilmuwan terkemuka di dunia. Isu lingkungan saat ini adalah nyata terjadi, bukan sebuah wacana belaka. Era modern yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan industri komunikasi mengorbankan berbagai lahan resapan air habis dibabat untuk pemukiman mewah, beribu-ribu pohon habis ditebang untuk menunjang industri kertas, jutaan ton ikan mati akibat polusi air laut limbah industri dan pemakaian bom ikan.

Lalu, apa hasil dari semua tindakan manusia yang merusak itu? Banjir dimana-mana, angin badai, longsor, kekeringan, hingga bencana kelaparan dan munculnya berbagai penyakit.  Kutub utara yang semakin meleleh, suhu udara yang kian terasa memanas, membuat semua orang terbuka matanya, meski masih banyak yang belum melakukan tindakan nyata untuk memnanggulangi masalah global ini.

Media-media berlomba mengkampanyekan aksi hijau untuk menyelamatkan bumi. Salah satunya Metro TV, yang mencanangkan program Let’s Go Green dalam tiap pemberitaannya. LSM-LSM lingkungan tumbuh menjamur, berteriak meminta keadilan bagi lingkungan ini. Pemerintah pun membuat UU No. 6 tahun 1994 yang diratifikasi dari Konvensi Perubahan Iklim (United Nations Framework Convention on Climate Change, UNFCCC).

Lalu apa yang bisa kita perbuat sekarang? Kuncinya sederhana. Think Big, Act Small, Do Now. Maksudnya, berpikirlah jauh ke depan, mulailah dari hal yang kecil, dan lakukan sekarang juga. Tiap individu mampu berkontribusi untuk mendinginkan bumi ini asal ada kemauan dan kesadaran. Mulailah dari cara-cara yang sederhana seperti berikut ini:

1. Mematikan listrik jika tidak digunakan.
Jangan biarkan alat elektronik dalam keadaan standby. Cabutlah charger hp jika sudah tidak digunakan.

2. Ganti bohlam lampu yang hemat energi.
Saat ini sudah banyak bohlam lampu yang eco friendly. PLN pun beberapa waktu lalu juga mengkampanyekan untuk menggunakan bohlam yang hemat energi.

3. Jika terpaksa memakai AC, tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur suhu sejuk secukupnya, sekitar 21-24° C.

4. Sukseskan gerakan penghijauan  di lingkungan sekitar Anda.
Kepedulian masyarakat akan lingkungan perumahan yang hijau kini sudah mulai bermunculan dimana-mana. Sebut saja perumahan Banjar Sari yang dinobatkan sebagai perkampungan hijau di wilayah Jakarta Selatan. Semakin panasnya udara kota, membuat sebagian masyarakat mulai mencari solusi membuat sistemn penghijauan yang sederhana mulai dari kewajiban meletakkan pepohonan di areal depan perumahan, pemilahan sampah, hingga bisnis daur ulang.

5. Jemur pakaian di luar.
Angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin (dryer) yang banyak mengeluarkan emisi karbon.

6. Gunakan kendaraan umum.
Atau bagi pengendara mobil atau motor pribadi, lakukan uji emisi secara berkala.

7. Mulailah membiasakan menggunakan kertas bolak-balik.
Industri kertas telah mengorbankan jutaan pohon ditebang. Dampak akibat penebangan ini pun membuat sejumlah hutan lindung dibabat habis. Wilayah Pekanbaru yang sebelumnya diselimuti oleh lebatnya hutan-hutan kini telah gundul. Suhu disana pun naik 0,5 derajat celcuis tiap tahunnya. Dengan menggunakan kertas bolak-balik berarti Anda membantu menyelamatkan paru-paru dunia dari tebasan para penebang liar.
 
8. Hindari pemakaian plastik.
Selain sifatnya yang cukup sulit diuraikan di dalam tanah, plastik juga menghasilkan gas berbahaya kalau dibakar.

Langkah-langkah tersebut merupakan cara yang paling mudah dan paling dekat dengan kehidupan keseharian kita. Maka dari itu, marilah kita bersama-sama menjadi Pejuang Lingkungan! Mari mulai dinginkan bumi yang tengah panas ini.

0 komentar:

Posting Komentar