Sabtu, 19 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Cara Pintar Isi Liburan

Liburan atau akhir pekan terkadang membuat kita jenuh. Nah, ada cara lain nih untuk mengisi liburan atau akhir pekan kamu dan otak kamu tidak tulalit alias tetap melatih otak kamu.

1. Bersantai
Menurut riset di Institut Teknologi Kalifornia, saat kamu dalam keadaan santai, memori otak bekerja lebih baik. Sisihkan beberapa menit setiap harinya untuk menenangkan diri, atau bermeditasi dan beryoga.

2. Buat rencana
Riset menunjukkan orang yang sering membuat rencana dan memiliki planning untuk beraktivitas, punya risiko Alzheimer 50 persen lebih rendah. Contohnya merencanakan acara kumpul-kumpul bareng teman setiap minggu juga cukup.

3. Berjalan-jalan
Kadar glukosa yang meningkat, bisa menganggu bagian otak yang menyimpan ingatan. Riset dari Universitas Columbia menganjurkan kita melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

4. Buah beri
"Buah beri punya senyawa bernama antosianin yang membantu komunikasi antara sel otak dan meningkatkan daya ingat," ujar Robert Krikorian, PhD, profesor pskiatris dan ilmu neuron di Universitas Cincinnati.

5. Belajar hal baru
Sebuah riset di universitas Irvine menemukan stimulasi otak mengurangi efek penuaan pikiran. Nah kamu bisa mulai ambil kelas bahasa Perancis atau bahasa lain, belajar menjahi/menyulam, atau main poker sekarang!

0 komentar:

Posting Komentar