Jumat, 18 Juni 2010 By: Gusti Yoga

Antelope Canyon, Pahatan Alami Menakjubkan


Jangan membayangkan sebuah wisata yang sarat akan pemandangan pegunungan, air terjun,atau pun lembah-lembah yang ditumbuhi pepohonan rimbun. Antelope Canyon menawarkan sebuah pemandangan yang sangat lain dari biasanya, unik, natural, serta orisinal. Sebauh maha karya tuhan yang wajib untuk dikunjungi.


Terletak di wilayah berstruktur ngarai, Antelope Canyon merupakan sebuah art gallery alami indah hasil dari proses erosi angin dan air selama ribuan tahun. Di dekatnya, hidup penduduk Navajo yang mengelola tempat yang dikelilingi tebing dan lereng dengan bentuk-bentuk yang fantastis ini. Penduduk Navajo membagi tebing-tebing serta lereng-lereng fantastis tersebut dengan nama Antelope Canyon Atas dan Antelope Canyon Bawah. Setiap bagian wilayahnya memiliki kontur batu yang berbeda-beda dan yang pasti bisa membuat siapa saja berdecak kagum.
Antelepe Canyon Atas memiliki sebutan tersendiri bagi penduduk setempat yakni “Tse' bighanilini” yang artinya tempat dimana air yang menerobos masuk melewati bebatuan. Antelope bagian ini berada di atas 4000 kaki di atas sungai dengan dinding bebatuan yang menjulang setinggi 120 kaki. Sementara Antelope Canyon Bawah disebut dengan "Hasdestwazi" yang berarti bebatuan spiral.
Meski bersuhu panas sepanjang hari, Antelope Canyon juga tidak jarang mengalami badai ataupun banjir. Nah, dari persitiwa alam yang terjadi berkali-kali inilah pasir-pasir tersebut terbawa sedikit demi sedikit hingga membentuk diding batu berliku seperti sekarang ini. Oleh karena badai serta banjir yang sering terjadi tiba-tiba tersebut, para wisatawan diwajikbkan memakai jasa pemandu yang berasal dari penduduk Navajo untuk berkeliling Antelope Canyon.
Jika Anda ingin melihat keindahan dan kesakralan tempat ini lebih jauh, cobalah susuri lorong-lorongnya. Di saat musim panas, Anda bisa melihat pancaran sinar matahari menerobos masuk melewati celah-celah yang membentuk pancaran sinar matahari cantik di tengah remang-remangnya lorong bebatuan pasir tersebut. Sensasi suasana mistis nan religius akan langsung menyelimuti diri. Penduduk di sana menyebut momen seperti ini sebagai “a god speaking from on high”.
Memang jika menilik sejarah, Antelope Canyon merupakan tempat yang sakral bagi penduduk Navajo. Bagi mereka, memasuki Antelope Canyon sama sakralnya bagaikan memasuki gereja katedral. Sebelum memasuki Antelope Canyon, terdapat semacam tradisi yang mengharuskan setiap pengunjung untuk berhenti sebentar, menjernihkan pikiran, dan bersiap untuk mendapatkan suatu perlindungan dan penghargaan.
Antelope Canyon merupakan tempat yang tepat bagi siapa saja yang haus menjelajahi tempat-tempat indah di dunia. Serta menjadi highly recommended bagi siapa saja yang cinta akan dunia fotografi. Pencahayaan yang indah tanpa perlu dibuat serta setting pemandangan yang fenomenal menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang tak pernah sepi wisatawan dari penjuru dunia. Tak salah apabila Antelope Canyon disebut sebagai "Pahatan Alami yang menakjubkan.

0 komentar:

Posting Komentar