Jumat, 18 Juni 2010 By: Gusti Yoga

2012, Bali Jadi Tuan Rumah Festival Film

Bali akan dipercaya menjadi tuan rumah festival film bertaraf internasional yang melibatkan ratusan negara di belahan dunia.
"Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah festival film tersebut, kemudian Menteri Kebudayaan dan Pariwisata mempercayakan pelaksanaannya di Bali," kata Kasubdis Kesenian dan Film, Dinas Kebudayaan Propinsi Bali I Made Santha di Denpasar, Rabu (26/8).

Ia mengatakan bahwa kegiatan bertaraf internasional itu baru akan berlangsung tahun 2012, atau 2 tahun lagi. Meskipun waktunya masih cukup lama, kata dia, Bali yang mendapat kepercayaan itu harus mempersiapkan diri dengan baik sejak dini.

Made Santha menjelaskan, persiapan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut menyangkut berbagai aspek, terutama menumbuhkan industri kreatif produksi film di kalangan masyarakat maupun produsen film.

Menurut dia, upaya tersebut akan mulai dirintis tahun ini, meskipun tahap awal berupa pembuatan film dekomenter. "Film garapan produsen lokal di Bali itu diharapkan bisa diikutsertakan dalam festival film internasional yang akan berlangsung di Bali," harap Made Santha.

Ia mengemukakan bahwa Bali sebagai daerah tujuan wisata yang memiliki keunikan seni budaya serta panorama alam yang indah secara tidak langsung sangat mendukung proses pembuatan sebuah film.

Film yang diberi judul Est Pray Leve (Makan Doa Cinta) misalnya yang melibatkan sejumlah bintang film Hollywood, rencananya mengambil lokasi pembuatan di Jimbaran, Sanur, Candidasa dan perkampungan seniman Ubud, Bali.

"Film yang diproduksi Elizabeth Gilbert tersebut antara lain melibatkan bintang film Hollywopd Julia Robert. Sejumlah artis lokal di Bali akan diikutsertakan dalam menyukseskan pembuatan film yang nantinya ditayangkan di berbagai negara dan ditonton masyarakat dunia itu," ujar Made Santha.

0 komentar:

Posting Komentar